Christian Books

Senin, 13 Juni 2016

PERSEMBAHAN KEPADA TUHAN BAGIAN I : PERPULUHAN

Dalam Alkitab diajarkan banyak hal mengenai persembahan kepada Tuhan Allah, salah satunya adalah Perpuluhan.


Firman Tuhan mengenai perpuluhan
Ayat Alkitab yang sering dikutip mengenai perpuluhan adalah (Maleakhi 3:8-12)
3:8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! 3:9 Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. 3:11 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam. 3:12 Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.

Dalam Alkitab King James Version Malachi 3:8-12:
8 Will a man rob God? Yet ye have robbed me. But ye say, Wherein have we robbed thee? In tithes and offerings.
9 Ye are cursed with a curse: for ye have robbed me, even this whole nation.
10 Bring ye all the tithes into the storehouse, that there may be meat in mine house, and prove me now herewith, saith the Lord of hosts, if I will not open you the windows of heaven, and pour you out a blessing, that there shall not be room enough to receive it.
11 And I will rebuke the devourer for your sakes, and he shall not destroy the fruits of your ground; neither shall your vine cast her fruit before the time in the field, saith the Lord of hosts.
12 And all nations shall call you blessed: for ye shall be a delightsome land, saith the Lord of hosts.

Jelas janji Tuhan mengenai persembahan persepuluhan tersebut, yang dibawa ke tempat dimana kita diberi makan secara rohani dan mendapat pertumbuhan rohani, yaitu gereja lokal di mana kita bersekutu dan beribadah.

Kita diperkenankan  Tuhan untuk menguji  kebenaran janji-Nya tersebut.


Dari dua ayat dibawah ini:
Imamat 27:32 Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.

Bilangan 18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Jelas persepuluhan yang dipersembahkan kepada Tuhan digunakan untuk menyokong para pelayan dan hamba-hamba Tuhan yang melayani pemberitaan Firman Tuhan, baik itu di gereja dan pelayanan lainnya, untuk memperluas Kerajaan Allah.

Didalam Alkitab disebutkan di Efesus 4:11-12:
4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan Tubuh Kristus,

Jadi ada lima jawatan yang ditunjang dari persembahan persepuluhan yang dibawa ke perbendaharaan Rumah Tuhan (Gereja Lokal)  tersebut, yaitu:  Rasul, Nabi, Penginjil, Gembala, Pengajar rohani (guru). 

Di gereja sering terjadi polemik mengenai hal perpuluhan, apakah ada Yesus menjelaskan mengenai Perpuluhan, jawabnya ADA. Di dalam Matius 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. YANG SATU HARUS DILAKUKAN DAN YANG LAIN JANGAN DIABAIKAN. Jelas Persepuluhan jangan diabaikan, keadilan, belas kasihan dan kesetiaan juga harus dilakukan.


Video Kesaksian Mogol Komedian Tentang Perpuluhan

Namun kita lihat sekarang banyak ketimpangan-ketimpangan terjadi di dalam Tubuh Kristus, padahal Tuhan berjanji  dalam Yohanes 10:10b: Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.  Tuhan berjanji saat Dia akan datang, dia mendandani Gereja-Nya ( atau mempelai Nya) dengan pakaian pesta, yang akan dijadikan Nya isteri yang cakap, yang adalah Gereja (lihat Amsal 31:10-31).

Berlawanan dengan yang sering terjadi di Negeri ini Indonesia, mempelai Kristus yang adalah Gereja, jemaat nya dipukuli, di tusuk, bahkan terjadi di Poso hamba Tuhan ditembak saat di mimbar.  Gereja gereja dibakar, tidak diberi ijin pendirian tempat ibadah, juga di Aceh pemberita Injil dibunuh, dipotong potong dan dibuang kelaut beberapa hari sebelum bencana Tsunami yang dahsyat melanda Aceh ( penglihatan beberapa pendoa). Lihat firman Tuhan di Yeremia 25:32-33:

25:32 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, malapetaka akan menjalar dari bangsa ke bangsa, suatu badai besar akan berkecamuk dari ujung-ujung bumi.
25:33 Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang.

Mari kita berdoa agar Tuhan mendandani gereja Nya, kita percaya saat Tuhan Yesus akan datang menjemput Gereja Nya ke Surga dimana tidak akan ada lagi kesedihan dan air mata, Dia akan mendandani Gereja Nya. Kita tetap harus mengasihi orang yang memusuhi kita dan berdoa untuk keselamatan mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Kita berdoa: Tuhan Yesus akankah kami menyambut Engkau  Tuhan dengan luka-luka diperban, kepala dan tubuh memar dipukul, luka-luka karena ditusuk. Kami percaya Engkau tidak akan membiarkan hal itu terjadi karena Engkau sedang mendandani  Gerejamu sebagai Mempelai Mu dengan pakaian pesta, untuk diangkat ke Surga.

Jadi gereja, jemaat Tuhan yang  tumbuh sebagai  Tubuh Kristus yang sehat , terlihat dari hati yang menyembah (memberikan Persembahan kepada Tuhan ), dimana dicerminkan juga dengan sokongan untuk lima jawatan dalam pembangunan Tubuh Kristus, selain itu juga melaksanakan Perintah Agung mengasihi Tuhan Allah dan Sesama. Lima jawatan sebagai sokoguru gereja harus mendapat tunjangan yang adil dan seimbang untuk pertumbuhanTubuh Kristus (jemaat gereja) yang baik dan sehat, dan dimana gereja  dan jemaat Tuhan juga tetap harus berbuat baik bagi lingkungan masyarakat di sekitarnya, menjadi garam dan terang dunia.

Tuhan Yesus memberkati

Dalam pelayananNya

Doulos Setia Lion of God

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...