Selasa, 17 Maret 2020

TARGET DESTINY HIDUPMU

Banyak orang tidak tahu tujuan hidupnya,  hidupnya dia katakan mengalir saja, tidak punya tujuan, tidak punya target. Tidak punya time-frame dalam mencapai tujuan, tidak fokus dan tidak ada prioritas. 


Kemuliaan Yesus Kristus Tuhan
Perusahaan saja di dunia ini  menetapkan Visi, Misi, Strategi, dan Aksi dalam mencapai tujuan perusahaan/ korporasi. Mereka menetapkan target, tujuan perusahaan, dan dievaluasi pencapaiannya.

Di kampus, universitas yang baik mendidik mahasiswanya dengan soft-skill selain mata kuliah yang wajib diambil dan diikuti. Ada Career Resource Center mempersiapkan mahasiswanya masuk ke dunia kerja.  Juga mahasiswa, dosen, dan karyawan di berikan Weekly Time Planner, dan menetapkan tujuan jangka panjang,  jangka pendek dan jangka menengah, dan mengisi tiap hari dengan rencana kegiatan harian, mingguan, bulanan, kuartal, enam bulanan dan tahunan. Dan Time Plannernya wajib diisi, dan dianalisa antara tujuan dan gap kenapa tujuan tersebut belum tercapai. Ada prioritas-prioritas harian, mingguan, bulanan.

Bagaimana hidup anda di dalam Tuhan?  Kita baca kitab Yesaya 49:16
“Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.” 




Yeremia 1:15 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

Jadi untuk kita ada destiny tujuan Tuhan di dalam hidup kita untuk menggenapi kehendakNya. Semakin kita dekat padaNya semakin kenal Dia, kehendakNya makin dinyatakan di dalam hidup kita. Jalan-jalanNya makin dinyatakan di dalam hidup kita. Makin kita tahu rancanganNya planningNya atas hidup kita. Dia merancangkan damai sejahtera, hari depan yang penuh harapan. 

Orang dunia katakan “Fail To Plan dan Plan To Fail” gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Tuhan Yesus katakan dalam Injil Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. 

Dalam Alkitab the Message: John 10:10 thief is only there to steal and kill and destroy. I came so they can have real and eternal life, more and better life than they ever dreamed of.

Dalam mengenal kehendak Tuhan di dalam hidup kita, mari kita belajar dari rasul Paulus. Paulus menulis dalam kitab Galatia 4:19 Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu

Paulus mengerti kehendak Tuhan bagi anak-anakNya, yaitu agar rupa Kristus menjadi nyata di dalam kita, atau Christlikeness, karena Manusia pada awal penciptaan diciptakan sesuai gambaran KhalikNya. Kitab Kejadian Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Jadi jelas kita manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. 

Yesus Kristus adalah role model, gambaran manusia yang harus diikuti, diteladani. Paulus katakan dalam 1 Korintus 2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Manusia diciptakan berasal dari debu tanah Kitab Kejadian 2:6-7 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Nafas hidup yang dihembuskan Tuhan Allah ke hidung Adam, keluar, datang, lahir dari Allah Bapa, sehingga Manusia menjadi makhluk yang hidup. Jelas nafas hidup, ruakh Elohim itu datang, lahir, keluar dari Allah, dan ditiupkan ke hidung Adam, sehingga Adam manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Betapa berharganya roh manusia, yang berasal dari dalam diri Allah Bapa itu. Namun karena Adam melanggar perintah Allah, memakan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, sehingga dia pasti mati dan mengalami maut. Hidup terpisah dari Allah. 

Kitab Kejadian 2:16-17 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." 

Bagaimana nasib roh manusia, yang karena kehendak bebasnya, melakukan pilihan, makan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, akhirnya mati, binasa, terpisah dari Allah Bapa, mengalami maut. Tuhan Yesus katakan dalam Injil Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Siapakah Yesus Kristus Tuhan. Yesus adalah Firman Tuhan Allah yang hidup, Dia datang, keluar, lahir dari Allah Bapa, sehingga disebut Anak Allah. Firman Tuhan Allah datang, keluar, lahir dari Allah jadi manusia, dan Roh Kudus Allah, datang dari Allah Bapa berdiam di dalam Yesus dalam wujud manusia.

Hanya yang sama-sama, datang, keluar, lahir dari Allah Bapa yang bisa menyelamatkan manusia yang berlumuran dosa, roh manusia yang sudah mengalami kutuk maut dan berjalan menuju kebinasaan. Siapa yang bisa menyelamatkan roh manusia yang berasal dari Allah bapa yang berjalan menuju maut, kebinasaan. 


Siapa yang Sanggup Mengangkat Engkau dari Lumpur Dosa


Karya Allah Bapa akan melakukan semuanya, FirmanNya yang menciptakan segala sesuatu, alam semesta keluar dari Allah Bapa, jadi manusia, Yesus Kristus Tuhan. Dan Roh Kudus Allah keluar, datang dari Allah Bapa berdiam di dalam Yesus. Karena itu manusia tidak akan bisa kembali kepada Allah Bapa, tanpa mengenal, percaya, Yesus Kristus Tuhan, bertobat, dan mengundang Yesus Kristus Tuhan masuk ke dalam hatinya, menjadikan Dia Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan Juruselamat dirinya pribadi, mengasihiNya, dan menjadikanNya teladan, role model, mengasihiNya, dan melakukan semua perintah-perintahNya.

Tuhan Yesus Kristus Katakan dalam Injil Yohanes 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Yohanes 14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Tuhan Yesus katakan dalam Injil Yohanes 8:42 Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku. 

Yesus Kristus, datang, keluar, lahir dari Allah Bapa untuk menyelamatkan kita manusia, roh manusia kita yang semula juga datang, keluar, dan lahir dari Allah, nafas hidup, Ruakh Elohim nafas hidup yang dihembuskan Allah Bapa ke hidung Adam.

Mengenai Yesus Kristus Tuhan, Mesias, Anak Allah yang hidup, sudah dijelaskan dalam  YESUS BERTANYA: MENURUT KAMU, SIAPAKAH AKU INI? dan juga  YESUS ADALAH ANAK ALLAH, TUHAN ALLAH YANG JADI MANUSIA

Betapa luarbiasanya manusia yang diselamatkan oleh Yesus Kristus Tuhan, dengan bertobat, beriman kepadaNya, dibaptis selam, untuk mendapat meterai tanda pertobatan, mendapat hati yang baru,  dan dibaptis Roh Kudus Allah, sehingga bisa melihat dan masuk ke dalam kerajaan Allah. Semua sudah dijelaskan dalam posting blog ini BAGAIMANA BISA MELIHAT DAN MASUK KERAJAAN ALLAH ATAU MASUK SORGA ?.

Betapa luarbiasanya kita, kembali dijadikan anak-anak Allah, saat meneladani Yesus Kristus Tuhan, bertobat, dibaptis selam dalam air untuk mendapatkan tanda meterai pertobatan, agar dikenal Allah, dan mendapatkan hati yang baru, dan roh yang baru, siap menjadi wadah untuk ditempatkan Roh Kudus Allah, menjadi manusia baru, anak-anak Allah. Kita bisa melihat, bahkan masuk ke dalam kerajaan Allah, dijadikan anak-anak Allah, bisa hidup kekal kembali ke sorga, seperti Adam dan Hawa sebelum jatuh ke dalam dosa sehingga mengalami maut.

Tertulis dalam Injil Yohanes Injil Yohanes 1:9-12 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Saat manusia bertobat, dibaptis selam untuk mendapatkan tanda pertobatan, meterai pertobatan, mendapatkan hati yang baru dan roh yang baru, dan dibaptis Roh Kudus, dan dibaptis Api, dibakar semua kedagingan untuk hidup dari Roh Kudus Allah, bayar harga, mematikan kedagingan dengan bantuan dan pertolongan Roh Kudus. 

Manusia yang hanya berada di halaman bait Allah, yang ada bejana pembasuhan (artinya sudah dibaptis), dan mengalami baptisan api (mezbah korban bakaran), masih bisa kena aniaya, tribulasi karena ada tertulis dalam kitab Wahyu 11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya." Jadi hati-hati bagi mereka yang tobat kumat  (tomat), jatuh bangun dalam dosa, sudah dibaptis selam, sudah dibaptis api, diuji di padang gurun, namun bersungut-sungut, tidak mengucap sukur, mati dipadang gurun. 

Tuhan Yesus sudah berikan segala-galanya bagi kita, apakah yang tidak akan diberikanNya bagi kita. Dia berikan darahNya, dagingNya, dan Roh KudusNya, seluruh eksistensinya, karya penyelamatan dari  Allah Bapa, saat FirmanNya keluar dari dalam hati Allah Bapa, dari mulutNya, FirmanNya yang menciptakan Alam semesta, universe, dan Roh KudusNya yang penuh kuasa, berdiam di dalam Yesus Kristus Tuhan dalam wujud Manusia.

Tuhan Yesus katakan dalam Injil Yohanes Injil Yohanes 6:53-58 Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya." 


Roti dan Anggur Perjamuan Kudus
Jelas yang Tuhan Yesus Inginkan tertulis dalam Injil Yohanes 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Artinya makan daging dan minum darah Yesus Kristus Tuhan, arti yang lebih jauh adalah makan Firman Allah, daging Yesus, hidup oleh FirmanNya dan melakukan FirmanNya, seluruh perintahNya, dan senantiasa hidup dalam pertobatan, dibasuh oleh darah Yesus Kristus dari luar dari dalam hati, sebelah luar cawan, sebelah dalam cawan, bukan munafik hypocrite, hidup di dalam kejahatan. Senantiasa diperdamaikan dengan Allah. Berhenti melakukan dosa. 

Saat Tuhan Yesus mengangkat cawan anggur Dia katakan bukan anggur adalah lambang darahNya, tetapi dia katakan dalam Injil Matius 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian , yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Jadi saat mengangkat cawan anggur perjamuan, mesti presisi, mesti tepat, tidak bisa dikatakan lagi lambang, anggur dalam cawan perjamuan kudus. Ingat Tuhan Yesus bisa merubah air jadi anggur, juga anggur dalam cawan perjamuan kudus Tuhan Yesus katakan inilah darah-Ku, jelas itu adalah benar benar darahNya. Sekali lagi jangan salah kaprah, tidak ada kuasa perjamuan kudus saat mengatakan lambang. Tidak presisi, bukankah Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa karena perintah Allah diputarbalikan iblis. Jadi bahaya tidak presisi melaksanakan sakramen perjamuan kudus.  

Kitab Kejadian 2:16-17 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."  DIPUTAR BALIKAN IBLIS, Kitab Kejadian 3:1-6 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati." Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. Akibatnya manusia, mati, mengalami maut, kebinasaan. Hidup terpisah dari Allah Bapa.

Banyak anak-anak Tuhan, jauh dari Tuhan, sehingga mengalami masalah karena perbedaan teology dan mulai saling menghakimi, dan mulai mengatakan sesat satu kepada yang lain. Mulai marah satu dengan yang lain, Yakobus 1:20 sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. Penghotbah 7:9 Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.

Memang bisa banyak pertanyaan, mempermasalahkan dan menyalahkan teology satu dengan yang lain. Jika banyak pertanyaan, pertentangan theology, satu satunya cara adalah makin mendekatkan diri pada Tuhan, firmanNya untuk mendapatkan jawaban, kesamaan pemahaman dan pengertian. 

Yakobus 4:8a Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Dimanakah posisi yang Tuhan Yesus Kristus maksudkan “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. “ Kita pelajari tabernakel Musa, ruang kudus. 

Di dalam ruang Kudus ada kandil emas, menorah dengan 7 nyala api, artinya hidup penuh senantiasa kepenuhan Roh Kudus Allah, ada mezbah roti sajian, yang harus disajikan dan diganti tiap hari dan dimakan para imam. Artinya makan roti, tubuh Yesus Kristus Tuhan, Firman Allah yang hidup, banyak membaca Firman, memberi makan roh dengan Firman Tuhan, dan menjadi pelaku firman, hidup serupa dengan Yesus Kristus Tuhan, Christlikeness. Saat anda membaca, merenungkan, melakukan FirmanNya saat anda bercermin pada Alkitab, anda seharusnya tidak melihat rupa anda lagi, tetapi yang anda lihat adalah rupa Kristus, sebagai gambaran cerminan anda.

Di dalam ruang kudus ada mezbah ukupan. Dibakar atasnya ukupan: Kitab Keluaran 30:34 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya. 30:35 Semuanya ini haruslah kaubuat menjadi ukupan, suatu campuran rempah-rempah, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah, digarami, murni, kudus. 30:36 Sebagian dari ukupan itu haruslah kaugiling sampai halus, dan sedikit dari padanya kauletakkanlah di hadapan tabut hukum di dalam Kemah Pertemuan, di mana Aku akan bertemu dengan engkau; haruslah itu maha kudus bagimu.

Dalam Injil setelah Kristus, di dalam Wahyu ukupan adalah Doa, Pujian, Penyembahan, di  Kitab Wahyu 5:8 Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.
Di ruang kudus ada doa, pujian, penyembahan, hal ini dipahami oleh raja Daud,  Ibrani 13:15 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.








Dupa kemenyan, mezbah dupa, kandil emas menorah, mezbah roti sajian, ark of covenant tabut perjanjian, ada di ruang kudus, dan ruang maha kudus. Hidup memberi makan roh dengan Firman Tuhan,  menjadi pelaku Firman, hidup penuh Roh Kudus Allah, hati penuh ucapan syukur, doa, pujian dan penyembahan. 

Tolok ukurnya menjadi seperti Yesus Kristus Tuhan, mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan mengasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Untuk mencapai Target, harus fokus, dan ada prioritas. Saat sinar matahari difokuskan oleh kaca suryakanta, maka sinar matahari difokuskan jadi titik yang kecil menyilaukan dan dapat membakar, atau membuat lubang. Bahkan sinar laser yang difokuskan, bisa membelah baja.

Ada skala prioritas, yang mana harus didahulukan, ikuti kehendakNya dan firmanNya. Kitab Amsal 3:5-6 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Dalam segala perkara, bertindaklah dan berdoa seperti Tuhan Yesus Kristus.  Injil Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

Paulus menulis dalam Galatia 1:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. Jelas Paulus tinggal di dalam Yesus dan Yesus di dalamnya.

Paulus secara proaktif, move on, press forward tinggal di dalam Yesus Kristus Tuhan, dia katakan di dalam Filipi 
3:7    Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.
3:8    Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,
3:9    dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.
3:10    Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
3:11    supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.
3:12    Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
3:13    Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
3:14    dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.


 

Bandung 18 Maret 2020

Doulos Setia Lion of God


Tidak ada komentar:

Posting Komentar